Ilustrasi: Zakat (NU Care-LAZISNU)

Bagikan:  

Mengapa Penting Menyalurkan Zakat melalui LAZ?

By Putri Azmi Millatie

28/03/2024

513 kali dilihat

Zakat, sebagai salah satu rukun Islam, memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan sosial dan ekonomi dalam masyarakat muslim. Zakat adalah kewajiban bagi umat Islam yang mampu, untuk memberikan sebagian dari harta mereka kepada yang membutuhkan. Namun, dalam menjalankan kewajiban zakat ini, penting bagi kita untuk memilih lembaga amil zakat sebagai perantara yang tepat untuk menyalurkan dana zakat. Mengapa? Mari kita telaah beberapa alasan yang mendasari pentingnya menyalurkan zakat melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ).

1. Profesionalisme yang Terjamin

Salah satu alasan utama mengapa menyalurkan zakat melalui LAZ itu penting, adalah karena lembaga amil zakat tentu memiliki tim dan manajemen yang kompeten dan berpengalaman dalam mengelola dan mentasarufkan zakat. Tim atau amil ini telah menerima pelatihan khusus dan memiliki pengetahuan yang mendalam tentang prinsip-prinsip syariah yang mengatur zakat. Dengan demikian, lembaga amil zakat dapat memastikan bahwa zakat disalurkan kepada yang berhak sesuai dengan ketentuan syariah.

2. Efisiensi Pengelolaan Dana Zakat

Melalui lembaga amil zakat, dana zakat dapat dikelola secara efisien dan efektif. LAZ memiliki sistem yang terorganisir untuk melakukan analisis terhadap kebutuhan masyarakat serta mengalokasikan dana zakat dengan cara yang bermanfaat dan tepat sasaran. Hal ini memastikan bahwa zakat yang diberikan dapat memberikan dampak yang optimal bagi yang membutuhkan.

3. Transparansi dalam Penyaluran Dana Zakat

Transparansi adalah kunci dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap lembaga amil zakat. LAZ umumnya memiliki kebijakan dan prosedur yang transparan dalam pengelolaan dan penyaluran zakat. Mereka menyediakan laporan keuangan dan dokumentasi yang jelas mengenai penggunaan dana zakat, sehingga para muzakki dapat memantau dan mengetahui dengan pasti bagaimana dana zakat mereka digunakan.

4. Keamanan Dana Zakat Terjamin

Melalui lembaga amil zakat, dana zakat Anda akan dikelola dengan aman dan terlindungi dari potensi penyalahgunaan atau penyelewengan. LAZ biasanya memiliki sistem pengawasan (audit) dan pengendalian yang ketat untuk memastikan keamanan dana zakat. Dengan demikian, Anda dapat memiliki keyakinan bahwa zakat yang Anda berikan akan sampai kepada yang membutuhkan dengan tepat.

5. Skala dan Dampak yang Luas

Dengan menyalurkan zakat melalui lembaga, Anda dapat berkontribusi pada program-program yang memiliki skala lebih besar dan dampak yang lebih luas dalam membantu masyarakat yang membutuhkan. Lembaga amil zakat seringkali memiliki jaringan dan infrastruktur yang luas untuk menjangkau lebih banyak penerima zakat. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa zakat Anda akan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat yang membutuhkan.

Dengan demikian, menyalurkan zakat melalui LAZ merupakan pilihan yang tepat untuk memastikan bahwa zakat Anda digunakan secara amanah, efisien, transparan, profesional, dan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Dengan dukungan Anda, lembaga amil zakat dapat terus menjalankan perannya dalam membantu mengurangi kesenjangan sosial dan memberikan bantuan kepada yang membutuhkan dalam masyarakat muslim.

Salah satu Lembaga Amil Zakat (LAZ) Nasional yang memiliki prinsip Modern, Akuntabel, Transparan, Amanah, dan Profesional adalah NU Care-LAZISNU. Melalui prinsip-prinsip ini, kami berusaha untuk selalu menjaga kenyamanan, keamanan, dan transparansi dalam setiap transaksi anda. Mari tunaikan zakat, infak, dan sedekah anda melalui lembaga NU Care-LAZISNU dengan berbagai cara baik secara offline dengan mendatangi kantor kami yang tersebar di 249 cabang di Indonesia dan 17 negara di dunia.

Selain itu, anda juga dapat melakukan transaksi secara online melalui transfer bank, marketplace seperti Shopee, Tokopedia, BukaLapak, e-wallet seperti LinkAja, Pospay, dan aplikasi seperti NU Care Apps, NU Online Apps, BCA Lifestyle, dan lain sebagainya.

Mari salurkan zakat, infak dan sedekah anda bersama lembaga terpercaya, NU Care-LAZISNU!

Penulis: Putri Azmi Millatie
Editor: Wahyu Noerhadi

LAZ Nasional
zakat
Lembaga
zakat di LAZ
Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah
LAZ Nasional
zakat
Lembaga
zakat di LAZ
Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah

Berita Lainnya